Akuntansi UKM adalah sistem aplikasi keuangan sederhana yang dapat digunakan oleh Usaha Kecil dan Menengah, serta untuk Pengelolaan Keuangan Sehari-hari. Akuntansi UKM di gunakan untuk memenuhi kebutuhan standar pengelolaan sistem informasi keuangan dalam perusahaan sehingga pencatatan keuangan perusahaan tersistem dengan baik dan benar untuk meminimalisir resiko kebangkrutan.
Aplikasi Akuntansi UKM sangat berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia sehingga untuk mengembangkan dirinya serta mendorong pengembangan diri rekan-rekannya agar dapat berkembang dan maju.
Seperti halnya, Dua dosen beserta Alumni mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berhasil membuat aplikasi pada tahun 2018 guna meningkatkan kualitas SDM pada kewirausahaannya. Aplikasi tersebut mendapatkan Juara I Inotek Award 2021 yang memiliki nilai 4+ dari 3000+ pengguna yang memberikan rating, dan 100.000+ pendownload.
Aplikasi Akuntansi UKM disediakan secara gratis. Meski gratis, fitur yang diperoleh tidak kalah saing dengan kompetitor lain yang berbayar. Fitur lengkap dan disajikan modul gratis, serta memiliki komunitas grup Telegram untuk panduan atau pertanyaan oleh pengguna yang kebingungan dalam menggunakan aplikasi tersebut.
Fitur di dalamnya terdiri antara lain:
- Jurnal Harian : Input jurnal harian perusahaan.
- Quick Jurnal : Input jurnal dengan cepat menggunakan model dual input.
- Koreksi Jurnal : Jurnal akan berwarna merah jika tidak seimbang.
- Buku Besar : Laporan jurnal harian yang sudah di input.
- Neraca Saldo : Laporan keseimbangan nilai jurnal harian yang di input.
- Laporan Laba Rugi : Laporan Laba atau Rugi perusahaan.
- Laporan Neraca : Laporan keuangan perusahaan sekaligus tutup buku otomatis.
- Laporan Periode : Laporan keuangan dengan pilihan periode berdasarkan tanggal (hari, bulan, tahun).
- Laporan Hutang : Rekap Laporan data Hutang serta rincian pembayarannya.
- Laporan Piutang : Rekap Laporan data Piutang serta rincian pembayarannya.
- Laporan SPT Tahunan
- Export Excel : Simpan laporan dalam bentuk file excel sehingga dapat di cetak melalui komputer.
- Backup & Restore : Membuat cadangan data.
- Sync Google Dive : Membuat cadangan data ke Google Drive.
- Pengingat : Membuat jadwal pengingat
- Responsif : Aktifkan auto rotate untuk tampilan landscape.
- Multi User : Dapat memasukkan beberapa perusahaan.
- Floating Kalkulator.
- Keamanan untuk mengunci aplikasi
Pengembang berharap dengan adanya aplikasi dengan fitur lengkap ini dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia khususnya di wilayah Sidoarjo.
PENULIS : ZAENAL
----------------------------
SUMBER:
Komentar
Posting Komentar